Menggunakan Rumus IF pada Mircrosoft Excel

Fungsi if pada excel digunakan jika ada pernyataan ekspresi logika yang mempunyai perintah diantara “salah” atau “benar”. penggunaan fungsi IF erat kaitannya dengan fungsi logika atau ekspresi logika. Berikut langkah atau panduan cara penggunaan fungsi if pada microsoft excel 2007. 

Fungsi atau expresi logika biasanya digunakan untuk operator relasi sebagai berikut :

gambar operasi relasi logika excel

Struktur penggunaan if pada excel

=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false),
atau
=IF(tes_logika;nilai_jika_benar;nilai_jika_salah)


Contoh Penggunaan Fungsi Logika

1. Menentukan Single atau Married dengan acuan Kode Status M/S 


Contoh di atas dengan menggunakan rumus:

=IF(G6="M","Married","Single")


2. Menentukan tunjangan keluarga yaitu 10% dari Gaji dengan ketentuan hanya yang married saja yang dapat tunjangan tersebut.


Contoh di atas menggunakan rumus

=IF(H6="Married",0.1*F6,"Tidak Mendapatkan")


3. Menentukan Tranport dengan kondisi 
    Beasiswa     = 3.000.000
    TESTING    = 2.000.000
    REFRENSI = 1.000.000


Contoh di atas menggunakan rumus

=IF(E3="TESTING",2000000,IF(E3="BEASISWA",3000000,IF(E3="REFRENSI",1000000)))


{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat